Senin, 27 Maret 2017

Gimana Cara Menyikat Gigi yang Benar

Gimana Cara Menyikat Gigi yang Benar

Gimana Cara Menyikat Gigi yang Benar - Kita dari kecil tentunya telah pernah diajarkan buat menyikat gigi.
desyifa

Biasanya sikat gigi yg apalagi ialah pagi hari & juga malam hari sebelum tidur.

Dengan menggosok gigi, sungguh penting buat merawat kesehatan gigi.

Gigi yg sehat yakni gigi yg bersih & ditopang dengan gusi yg pun sehat. Gusi yg sehat yakni berwarna merah muda & terlihat kencang.
Sikat Gigi | Sumber gambar: Wikimedia.org

Banyak orang-orang yg langsung menyikat gigi sesudah selesai makan, sebab mungkin saking semangatnya...

...Perlu diketahui bahwa kadar pH dalam mulut bakal berubah sesudah selesai makan. Dengan begitu lapisan email gigi bakal dapat menipis jika langsung menyikatnya.

Karenanya sikatlah gigi sekitar satu jam sesudah makan, dengan begitu kita menyikat gigi saat kadar asam dalam mulut kembali normal.

Penting buat sikat gigi di malam hari sebelum tidur
Hal yg penting diketahui, bahwa menyikat gigi di malam hari mempunyai khasiat yg sungguh besar, karena itu tidak boleh lupa sebelum tidur mesti menyikat gigi terlebih dulu.

Hal itu sebab gigi & mulut telah dipakai beraktipitas selama seharian, sehingga sisa-sisa makanan bakal lebih banyak di malam hari.

Saat tidur, mulut & gigi bakal beristirahat total, yg dengan begitu bila membersihkan gigi di malam hari sungguh bermanfaat supaya sisa-sisa makanan tak bakal bereaksi dengan enjim dalam mulut.


Tidak boleh asal pilih produk
Agar menunjang kebersihan gigi dengan cara optimal, maka pilihlah sikat gigi & pasta gigi yg baik.

Sikat gigi yg baik ciri-cirinya yakni sikat gigi yg bulu-bulunya bisa memijat di bagian gusi. karena itu pilihlah sikat gigi dengan bulu yg tak terlalu keras.

Faktor penyebab lubang di gigi tak hanya sebab makanan manis, & juga sisa-sisa endapan makanan, namun jika seseorang yg salah dalam menyikat gigi, yg bisa menyebabkan gigi jadi berlubang.

Gosok dengan lembut
Gosoklah gigi kita dengan lembut. Tidak boleh terlalu keras & gosoklah dengan lama di arah depan terlebih dulu.

Menggosok gigi dengan keras mengakibatkan gusi surut & gigi jadi sensitive.

Anda perlu menghindarkan perkara yg berisiko mengakibatkan gusi bengkak, dampak terlalu menekan saat memakai sikat gigi dengan cara keras.

Perlu diketahui, bahwa menyikat gigi tak hanya tarik sana & tarik sini, terutama dilakukan dengan cara kasar.

Yang benar ialah menggosok dengan perlahan sehingga tentang banyak tempat, yg manjur buat menghilangkan sisa makanan yg tertempel didalam mulut atau gigi.

Sikat gigi satu persatu
Jauhi menyikatnya gigi lansung keseluruhan, namun satu per satu. Usahakan menyikat gigi selama 10 detik per gigi. Sehingga gigi benar-benar bersih.

Rongga mulut pun sebaiknya dibersihkan dengan baik.

Sikat arah vertical
Sikat gigi dengan arah vertical sampai seluruh kotoran di sela-sela gigi terangkat. Pastikan semua sela-sela gigi terserang sikat gigi.

Vertikal di bagian kanan & kiri
Sesudah menyikat gigi bagian depan, kemudian beralih menyikatnya dengan cara vertical di bagian samping kanan & kiri.

Sikat bagian dalam gigi
Sesudah menyikat bagian samping kanan & kiri, kemudian sikat bagian dalam gigi. Sikat ccara merata & perlahan bagian dalam gigi. perkara itu sebab bagian dalam gigi banyak ada sisa-sisa makanan.
loading...

Menyikat lidah & langit-langit
Saat menyikat gigi, bukan hanya gigi yg disikat, tapi sikat pun lidah & langit-langit, karena bactery pun bersarang di dua tempat ini.
Cara menyikat lidah yg benar
Dari laman Okejone.com. jika kita kurang memperhatikan menyikat lidah, berisiko timbulnya penyakit gusi, yg berkorelasi dengan penyakit jantung. ini ialah penjelasan Pia Lieb, DDS, docter gigi kosmetik di New York City.

Kebersihan lidah yg kurang pun mengakibatkan napas berbau.

“Untuk membantu kita menangani problem ini, gunakanlah alat pembersih lidah plastik yg keras & kuat. Jauhi model gelang lembut atau lekukan di bagian belakang sikat gigi Anda, yg tak cukup kuat buat membersihkan lidah,” saran Dr Lieb.

Sesudah mempunyai alat pembersih lidah, capai bagian belakang lidah & kerik permukaan lidah yg berpapila beberapa kali buat menarik setiap plak dari makanan & bactery, ke depan lidah.

Sesudah kita menyikat lidah, disarankan memakai obat kumur yg memiliki kandungan hidrogen peroksida buat mengangkat & membilas keluar setiap problem yg tersisa di mulut.

Bactery anaerob berkembang biak dalam lingkungan gelap, lembab, & hangat seperti lingkungan mulut saat kita sedang tidur,” kata Dr Lieb.

Gunakan penyegar mulut
Penting pun memakai cairan penyegar mulut. Cairan mulut berkhasiat buat menurunkan jumlah bactery di mulut. Selain itu, mulut bakal segar & terhindar dari bactery.

Pilihlah sikat yg lembut
Saat memilih sikat gigi, pilih yg bulu sikatnya lembut sebab memakai sikat yg keras bakal merusak gusi.

Jauhi memakai sikat dengan bulu yg keras & kaku yg mengikis enamel gigi, mengiritasi gusi & mengakibatkan resesi. Selalu pakailah sikat gigi berbulu lembut.

Sesudah pemakaian sikat gigi lebih dari 3 bulan, maka kita perlu segera menggantinya dengan yg baru. supaya memperoleh khasiat maksimal dari menyikat gigi.

Memilih bentuk bulu sikat gigi yg benar
Sama seperti beragamnya ukuran sikat gigi, sikat gigi pun terbuat dengan bulu yg bermacam-macam. terdapat yg lurus, bulat, bulu miring atau jigjag.

Docter gigi menjelaskan bahwa posisi bulu miring ialah sikat gigi yg terbaik, sebab lebih gampang buat membersihkan semua gigi dengan benar.


Tidak boleh gosok gigi sesudah mengkonsumsi soda
Soda membuat gigi rapuh, bila kita langsung menggosok gigi sesudah mengkonsumsinya. Sisa asam di soda yg bercampur jat di odol menyebabkan gigi rentan mengalami seringuhan.

Tidak boleh menyikat gigi terlalu kerap 
Sebagian orang berlebihan, dengan menyikat gigi terlalu kerap. Bila kita menyikat lebih dari 3 kali sehari, justru membahayakan gigi kita sendiri sebab dapat mengakibatkan resesi garis gusi dan percepatan erosi enamel gigi.

Tahap-tahap menyikat gigi dengan benar
Disarankan memilih pasta gigi yg memiliki kandungan pluoride. kemudian pilih sikat gigi yg sesuai, sesuaikan kepala sikat gigi dengan lebar mulut Anda.

Kepala sikat dengan ujung yg kecil bakal megampangkan kita buat menjangkau bagian gigi terdalam. Pilih pun sikat dengan gagang yg nyaman dipegang.

Langkah-langkah yg disarankan dalam menyikat gigi:
  1. Letakkan bulu sikat di permukaan gigi dekat tepi gusi, dengan posisi membentuk sudut 45 derajat. Mulai menyikat gigi di gigi geraham atas atau di gigi belakang di salah satu sisi mulut. 
  2. Sikatlah dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah selama sekitar 10-20 detik buat setiap bagian.
  3. Sikat setiap bagian gigi, mulai dari bagian gigi yg umum digunakan buat mengunyah, gigi yg dekat dengan pipi & lidah. 
  4. Pastikan semua permukaan gigi disikat. dan pastikan semua sisa makanan terbuang.
  5. Untuk membersihkan permukaan dalam gigi depan, kita mesti memegang sikat gigi dengan cara vertikal atau memakai ujung kepala sikat gigi. Sikat dengan gerakan melingkar dari tepi gusi hingga atas gigi. Lakukan gerakan tersebut berulang sebanyak 2-3 kali.
  6. Anda dapat seseali mengubah pola menyikat gigi. Sebab menyikat gigi dengan tips yg itu-itu saja membuat bagian lain dapat terabaikan.
  7. Bila kita memulainya dari bagian geraham atas, maka kita bakal menyelesaikan sikatan di gigi geraham bawah. 
  8. Lama waktu menyikat seluruh bagian gigi ialah sekitar 2-3 minute.
  9. Terakhir, bilas mulut sampai bersih.
  10. Dan pun pastikan membilas sikat gigi sampai bersih.

Penutup

Tujuan utama menggosok gigi yakni buat menghindarkan & membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan yg menempel di gigi.

Jika sisa makanan tersebut dibiarkan, nantinya membentuk plak kuning. & bila plak kuning itu dibiarkan lama bakal menyebabkan karang gigi & bau tak sedap di mulut.

Selain itu memilih sikat gigi yg baik pun mesti diperhatikan, supaya gigi dapat tetap sehat.


Gimana Cara Menyikat Gigi yang Benar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar